Akhmad Bumi: Konstitusi Manifestasi Kemenangan Keadilan

0
107

Kupang, abpnews – Akhmad Bumi, SH dari Firma Hukum ABP yang dinobatkan sebagai The Best Lawyer and Law Firm Exellent Service of the year di Indonesia Top 50 Award 2019 versi Indonesia Achievement Center (IAC), Selasa, (31/12) di undang talk show secara live di AFB Tv Kupang pkl 8.00 wita.

Talk show yang dipandu presenter AFB Tv David Laikol, Akhmad Bumi menyatakan Firma Hukum ABP dalam menangani setiap perkara lebih diutamakan menggali kebenaran, selain berjuang untuk menang.

Menurut Bumi, ada kerangka sebagai syarat yang berlaku di Firma Hukum ABP dalam menangani setiap perkara; ada rule of law, keadilan dan hak asasi manusia.

Bumi berpendapat Konstitusi itu manifestasi dari kemenangan keadilan. Kalau ada elit yang berperilaku tidak adil, atau dalam praktiknya jauh dari nilai keadilan, Firma Hukum ABP adalah salah satu tempatnya untuk perjuangkan keadilan mereka yang terserak.

“Firma Hukum ABP bukan advokat ferari, bukan advokat lamborgini, bukan advokat merci. Yang trend, jika sudah membela korporat, membela penguasa, membela orang berduit telah dianggap sebagai pengacara sukses. 

Firma Hukum ABP kebalikan dari itu. Membela orang kecil, membela orang miskin, itu sebuah kehormatan bagi kami, dan itu sebuah nilai dan menjadi kebanggaan tersendiri”.

Bumi mengkritik, satu sisi advokat di anggap sukses, sisi lain kondisi hukum Indonesia cukup buruk. Ini paradoks dan menjadi tantangan tersendiri bagi para penegak hukum; Hakim, Jaksa, Polisi dan Advokat.

Firma Hukum ABP dalam membela perkara tidak melihat pada orang atau siapa orangnya, tapi melihat pada kasusnya. Orang kaya atau miskin, kota atau desa, pejabat atau rakyat jelata, mereka memiliki hak untuk di bela ketika sudah dilihat posisi kasusnya dan memenuhi syarat diatas, jelasnya.

Saat ditanya alasan sebagai orang yang menerima penghargaan dari IAC, Bumi menjelaskan kita dinilai konsisten dalam membela orang-orang kecil, lebih khusus masyarakat adat. Olehnya kita di nilai memenuhi syarat dan diberi penghargaan di bidang exellent service of the year.

Masyarakat adat mana saja yang sedang ditangani? Bumi menjelaskan saat ini sedang tangani masyarakat adat Soe, kab Timor Tengah Selatan. Juga tangani masyarakat adat daya di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, yang pembicaraan lanjutan dengan masyarakat adat Pangkalan Bun akan di bicarakan bulan Januari ini. Kita juga pernah tangani di Baubau Sulawesi Tenggara, di Abebura Papua dll.(Azis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here